Kepala Desa Dan Dinamika Pemilihannya

Secara konstitusional, desa dengan nama yang sejenis memperoleh perhatian yang istimewa dalam ketatanegaraan Indonesia. Di desa tersedia dua sumberdaya utama untuk pembangunan bangsa yaitu sumberdaya alam dan sumberdaya manusia. Dalam keadaan de-politisasi masyarakat desa dengan masa mengambangnya (floating mass), kepala desa memainkan peranan yang sangat sentral. Kepala desa mempunyai peran sebagai jembatan penghubung antara masyarakat desa dengan pemerintahan supra desa. Demikian pentingnya kedudukan kepala desa sehingga adagium yang berbunyi “Rule the village and you rule the country” dapat dilanjutkan dengan “Hold the Head Village and you rule the village.”

Di Indonesia dewasa ini terdapat lebih dari 66.000 desa. Apabila masa jabatan kepala desa adalah delapan tahun maka rata-rata setiap tahunnya terdapat lebih dari 8.250 kali pemilihan kepala desa yang tersebar di pelosok tanah air. Dalam kenyataannya, pelaksanaan pemilihan kepala desa seringkali diwarnai oleh berbagai masalah antara lain mulai dari ketiadaan calon kepala desa, calon tunggal, pemilihan yang tidak sah karena quorum tidak terpenuhi, biaya pemilihan kepala desa, masa kampanye ataupun rekayasa politik dari luar desa yang ditolak oleh warga desa dan lain sebagainya.

Buku ini mencoba membahas berbagai masalah yang ada serta mencari akar penyebabnya. Melalui konsep ACC (Acceptability – Capability – Comfortability) barangkali berbagai permasalahan yang ada paling sedikit dapat dikurangi. Bukankah peristiwa pemilihan kepala desa itu sendiri sudah merupakan bagian dari budaya politik masyarakat desa?

Melalui penelitian empirik pada 134 desa di Jawa Barat serta diramu uraian verbal sederhana dengan meninjau pemilihan kepala desa dari berbagai perspektif, buku ini pantas untuk dicoba oleh kalangan luas baik ilmuwan dan terutama para praktisi di desa-desa dan kecamatan.

Judul     : Kepala Desa Dan Dinamika Pemilihannya
Penerbit : CV. Mekar Rahayu
Pengarang : Prof. Sadu Wasistiono, MS
Tahun Terbit : 1993

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>